Friday, November 6, 2015

Jodie Foster

Jodie Foster

Foster Jodie

Alicia Christian Foster lahir di Los Angeles pada 19 November 1962. Dia adalah putri dari Evelyn Ella "Brandy" (Almond) dan Lucius Fisher Foster III, seorang letnan kolonel Angkatan Udara dan broker real estate kemudian. Orangtuanya bercerai tiga tahun sebelum ia lahir, dan ia dikandung ketika ibunya mengunjungi ayahnya untuk dukungan anak


Overview
Tanggal Lahir 19 November 1962, Los Angeles, California, Amerika Serikat
Nama lahir Alicia Christian Foster
Julukan Jodie F
Tinggi 5 '3 "(1,6 m)

Mini Bio (1)
Alicia Christian Foster lahir di Los Angeles pada 19 November 1962. Dia adalah putri dari Evelyn Ella "Brandy" (Almond) dan Lucius Fisher Foster III, seorang letnan kolonel Angkatan Udara dan broker real estate kemudian. Orangtuanya bercerai tiga tahun sebelum ia lahir, dan ia dikandung ketika ibunya mengunjungi ayahnya untuk tunjangan anak. Saudara Alicia dijuluki dia "Jodie," nama dia telah digunakan dalam profesinya. Ketika dia baru berusia tiga tahun, Jodie mulai bertindak dalam iklan, terutama untuk Coppertone tabir surya. Ketika ia berusia lima tahun, Jodie mendarat peran akting pertamanya di acara TV Mayberry RFD (1968). Dia tinggal sangat sibuk sebagai aktris anak, bekerja pada program televisi seperti The Doris Day Show (1968), Adam-12 (1968), The Pacaran Bapa Eddie (1969), The Partridge Family (1970), Bonanza (1959) , dan Gunsmoke (1955). Dalam film, perannya termasuk bermain anak Raquel Welch di Bomber Kansas City (1972) dan tomboy tunggakan di Alice tidak tinggal di sini Lagi (1974). Jodie pertama menarik perhatian dari para kritikus dengan penampilannya di Taxi Driver (1976), di mana ia memainkan pelacur di usia 12 (dia adalah 13 ketika film perdana) dan menerima nominasi Oscar pertamanya sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Dia melanjutkan untuk memiliki karir yang sangat sukses di awal remaja dengan peran utama dalam film Disney Freaky Friday (1976) dan Candleshoe (1977). Film terakhir Jodie dibuat selama era ini adalah kedatangan-of-usia drama Foxes (1980), sebelum mendaftar di Universitas Yale. Tragedi terjadi Jodie selama tahun Freshman ketika penggemar gila dan terobsesi bernama John Hinckleyshot Presiden Ronald Reagan untuk membuatnya terkesan.

Jodie lulus dari Yale pada tahun 1985 dengan gelar dalam sastra. Prioritas utamanya sekarang menjadi aktris dewasa yang sukses. Setelah muncul dalam beberapa jelas B-film, Jodie mengikuti audisi untuk Terdakwa (1988) dan dilemparkan Sarah Tobias, seorang pelayan yang beramai-ramai di sebuah bar setelah malam berpesta. Untuk peran ini dia memenangkan pertamanya Academy Award sebagai Aktris Terbaik. Tapi meskipun dia telah memenangkan Oscar, Jodie masih belum menetapkan dirinya sebagai bintang bankable. Film berikutnya, Catchfire (1990), langsung pergi ke video, dan dia harus berjuang keras untuk mendapatkan peran berikutnya baiknya. Pada tahun 1991 ia membintangi sebagai Clarice Starling, seorang trainee FBI memburu pembunuh berantai di The Silence of the Lambs (1991). Film ini menjadi hit blockbuster, memenangkan Jodie nya Academy Award kedua untuk Aktris Terbaik dan membangun dirinya sebagai bintang internasional pada usia 28. Dengan kekayaan dan ketenaran untuk melakukan apa pun yang diinginkannya, Jodie berbalik mengarahkan. Dia membuat debut sebagai sutradara dengan Little Man Tate (1991), yang diikuti oleh Rumah untuk Liburan (1995). Film ini adalah kritis diakui tetapi tidak melakukannya dengan baik di box office, dan Jodie terbukti menjadi aktris jauh lebih sukses daripada dirinya direktur. 1994 terbukti menjadi kemenangan besar bagi karir akting Jodie. Dia pertama kali memainkan penipu seksi di spoofMaverick barat sukses (1994) dengan Mel Gibson. Kemudian, ia memainkan peran judul dalam Nell (1994) bersama Liam Neeson dan Natasha Richardson. Untuk kinerja yang meyakinkan sebagai seorang liar, terpencil pertapa yang berbicara bahasa diciptakan dan harus kembali ke peradaban, Jodie dinominasikan untuk Academy Award lain dan memenangkan Screen Actors Guild Award sebagai Aktris Terbaik.

Meskipun Jodie bekerja jauh lebih sering sebagai orang dewasa daripada dia sebagai seorang anak, film-film dia ternyata yang sukses secara komersial dan kritis diakui. Berikutnya peran layar besar adalah dalam drama fiksi ilmiah Hubungi (1997) berlawanan Matthew McConaughey. Dia memainkan ilmuwan yang menerima sinyal dari makhluk luar angkasa. Film ini sukses besar dan membawa Jodie nominasi Golden Globe. Dia membintangi remake non-musik The King and I (1956) yang berjudul Anna dan Raja (1999), yang hanya sedikit menerima di AS tapi sangat sukses di luar negeri. Tiga tahun setelah itu ia berjudul Room film thriller Panic (2002). Film ini sukses besar box sebuah-kantor dan memberi Jodie $ 30 juta pada akhir pekan pembukaan, yang terbesar dari karirnya belum. Dia kemudian muncul di dua proyek low-profile: film independen The Lives Berbahaya dari Altar Boys (2002) dan film asing A Very Long Engagement (2004). Dia kembali ke membuat film utama Hollywood, pertama dengan Flightplan (2005), di mana ia memainkan seorang wanita yang putrinya menghilang di pesawat terbang yang ia dirancang. Sekali lagi Jodie membuktikan dirinya menjadi imbang box-office, dan film adalah hit di seluruh dunia. Tahun berikutnya ia membintangi hit lain, sebuah thriller tentang pencurian bank berjudul Di dalam Man (2006) withDenzel Washington dan Clive Owen. Jodie tampaknya berada di pola keberhasilan non-stop. Dia dibayar $ 15 juta untuk film berikutnya, balas dendam film thriller The Brave One (2007), yang sekali lagi dibuka di # 1 di box office dan meraih gelar lain nominasi Golden Globe untuk Aktris Terbaik. Setelah suksesi ini thriller gelap, Jodie kembali ke genre komedi di Nim ini Island (2008) dengan Gerard Butler dan Abigail Breslin. Jodie akan bersatu kembali dengan Mel Gibson di film mendatang The Beaver (2011), yang dijadwalkan untuk rilis umum pada tahun 2011.

Setelah menghabiskan hampir seluruh hidupnya dalam sorotan, Jodie Foster telah memiliki salah satu karir film paling substansial dalam sejarah Hollywood. Dia adalah salah satu aktris paling dihormati dan bayaran tertinggi bekerja hari ini, dan tidak ada keraguan bahwa akan ada banyak hal-hal besar ke depan untuk aktris anak ini ternyata dua kali pemenang Oscar superstar.

Dikutip dari IMDb Mini Biografi Jodie Foster


Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →